Waspada - Dampak Buruk Terlalu Sering Mengganti Template

Bagi kalangan blogger yang udah lama menggeluti dunia Blogging ini pasti sudah tidak asing dengan istilah perubahan template dan dampak dampaknya.

Namun banyak dikalangan Blogger pemula (termasuk saya) yang menggeluti dunia blogging ini yang sering menggonta ngganti templatenya tanpa tahu akibat buruknya.

Disini tujuan saya bukan untuk mengajari kalian, melainkan memberi saran agar tidak terkena dampak dampak buruk karena terlalu sering mengganti template.

Awalnya saya menggonta ngganti template karena sering bosan dengan pilihan template saya sendiri. Namun ketika saya browsing sana sini dan menemukan artikel tentang Dampak negative terlalu sering mengganti template.

setelah mencari banyak refrensi di sana sini, saya berpikir untuk mengurangi kebiasaan menggati template saat bosan.

hasil yang saya temukan saat mencari dampak negative saat merubah template sangat sangat banyak.  namun disini saya akan menjelaskannya secara singkat namun rinci tentang dampak buruk yang kita terima jika mengganti template.

1.Trafik Blog mengalami penurunan


1.Trafik Blog kan menurun


Memang bukan hal yang perlu diperdebatkan lagi jika mengganti template akan berdampak buruk bagi pengunjung.

pada dasarnya waktu yang diperlukan saat kamu mengganti template tidaklah singkat. mengganti dan menyempurnakan template bisa membutuhkan waktu hingga 1 hari penuh.

dan disaat kamu menggonta ngganti template blog, pengunjung setia yang saat itu membaca mungkin akan merasa tidak nyaman dikarenakan posisi template yang masih acak acakan.

dan pada akhirnya mereka akan beralih ke lain pihak/selingkuh :').

sebenarnya masih banyak hal lain yang mempengaruhi penurunan pengunjung, untuklebih jelasnya saya telah ulas dalam Beberapa Penyebab Trafik Blog turun.

2.Menurunkan kualitas SEO


2.Menurunkan kualitas SEO


Mengganti template tentu saja juga merusak kualitas ke SEO an Blog kita.

Dengan mengganti template maka otomatis semua kode kode yang berpengaruh terhadap ke SEO an akan menghiang.

Contoh kode kode yang berpengaruh terhadap SEO adalah :
1.Meta Tag
2.Google Vertification
3.Analytics
4.dll.

3.Blog tidak mempunyai karakter


3.Blog tidak mempunyai karakter


Tentu saja orang akan menganggap Blog kita tidak mempunyai karakter atau profesional, mereka akan melihat Blog kita seakan akan tidak mementingkan perasaan dan kenyamanan penunjungya.

Blog yang memiliki karakter akan sangat membantu kita untuk menaikkan Traffic Blog. Karena jika seseorang yang sudah nyaman akan datang walaupun tak diajak :).

4.Template baru tidak sesuai keinginan

Template baru tidak sesuai keinginan

Bagi anda yang sering melakukan pergantian template pasti pernah merasakan sensasi ini.

Berharap bisa memperbaiki kesalahan yang telah lalu namun mendatangkan masalah yang baru. kita berharap template baru kita lebih baik dari template yang lama, namun malah berakhir dengan kekacauan.

Memang bagus jika kita punya beberapa keinginan untuk memperindah atau memperbaiki kesalahan kesalahan pada template lama yang tak kunjung bisa diselesaikan.

Namun pastikan sebelum anda ingin mengganti template, Usahakan mengecek dan mendaur ulang template tersebut sampai versi final.

Pastikan anda sudah mengatur keseluruhan kode yang ada pada template. sehingga tidak terlalu berdampak buruk bagi Blog anda.


16 Responses to "Waspada - Dampak Buruk Terlalu Sering Mengganti Template"

  1. Itu adalah hal yang paling sering saya lakukan saat pertama kali ngeblog.

    ReplyDelete
  2. Biasanya itu sering dilakukan oleh para pemilik blog baru atau yang baru belajar buat blog, saya sendiri juga dulu seperti itu ,tapi sekarang paling ganti template setahun atau setengah tahun sekali.

    ReplyDelete
  3. saya sudah ganti template sebanyak 4 kali, apakah itu wajar? blog baru 3 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo masih nyoba nyoba gapapa mas, tapi usahakan kalo udah dirasa nyaman gausah ganti template, ganti warnanya aja.

      Delete
  4. ini kenyataan nih saya alami gan waktu pertama kali bikin blog.... hahahaha

    ReplyDelete
  5. No.1 pernah saya alami ,trafik jadi tiba-tiba turun #Truestory

    ReplyDelete
  6. Tapi kalau memodifnya ajha gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika hanya memodif warna tidak apa apa, selama itu tidak terlalu sering. jika terlalu sering ganti warna website jadi gak punya karakter

      Delete
  7. iya juga, saya pernah ngalamin. hampir 6 bln sekali ganti sbnernya, tp ntar juga balik lagi trafictnya

    ReplyDelete
  8. Klo saya ganti blog karrna terpaksa soalnya template yg dipake.sebelumnya sangat.berat apalagi untuk proses loading

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo alasannya jelas fix fix AJA

      Delete
  9. gmna klu gnti nya msalkan 6 bulan sekali gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal jangan lupa menimpa kode kode penting yang ada pada template sebelumnya

      Delete
  10. Yah sebaiknya memang pilih satu template bagus (kalo perlu yg premium) diawal jadi ndak usah repot ganti2 lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo udah pro comot yang gratisan, jadiin versi pro sendiri :V

      Delete
  11. sebaiknya sih di survey dulu kalo mau ganti template. karena resiko nya riskan kalo ganti2 mulu

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan baik dan sopan