Penyebab Turunnya Trafik Pengunjung Atau Visitor Blog

Banyak hal yang mempengaruhi tinggi dan rendahnya trafik blog kita, ada 2 faktor besar ang menurut saya paling mempengaruhi penurunan atau penaikan trafik.



yang pertama adalah faktor internal. Faktor internal ini meliputi kegiatan yang anda lakukan didalam blog seperti :

  • Mengganti template Blog

Sesekali mengganti template memang perlu dilakukan untuk menambah semangat kita untuk ngeblog karna merasa lebih PeDe dengan tampilan blog yang baru.

Namun jika anda terlalu sering menggantinya, ini akan berdampak buruk untuk blog anda. Jadi jangan heran ketika anda mengganti template lama dengan template baru, Trafik blog akan menurun.

Penurunan trafik ini memang menjadi salah satu dampak buruk yang diakibatkan oleh pergantian template.

namun tahukah anda jika masih banyak hal hal buruk yang terjadi ketika anda mengganti template. untuk selengkapnya anda bisa membaca Dampak buruk mengganti template

  • Merubah nama domain Blog

Yang saya maksud disini bukanlah mengganti dari domain Hosted menjadi Non hosted. Yang saya maksudkan adalah mengganti nama dari blog hosted anda.

Begini maksud saya. sebelumnya anda memiliki alamat blog Ayodolen.blogspot.com dan kemudian hari karna anda merasa tidak cocok, anda mengganti alamat tersebut dengan Dolenanayoga.blogspot.com.

Saya benar benar memperingatkan anda jangan pernah melakukan hal diatas apalagi blog anda sudah berumur, karna itu akan mempengaruhi apa yang ada pada mesin pencari.

Sebagai contoh disini jika anda mencari di gogle dengan keyword yang ada pada blog anda, maka yang muncul adalah link Blog lama sebelum anda mengganti Nama domain, dan ketika halaman itu dikunjungi, maka akan muncuk pesan eror/404. Maka hal yang wajar jika trafik pengunjung atau visitor anda tiba tiba menurun.

  • Optimisasi SEO yang terlalu berlebihan

Optimisasi SEO memang penting untuk mendongkrak artikel kita menuju page One pada mein pencari.

namun terlalu banyak pengoptimisasian juga tidaklah baik kare itu akan mengganggu pengunjung blog anda.

Akibatnya mereka akan sakit mata,malas membaca, dan yang paling parah Blog anda akan masuk zona penalty.

Jadi saya sarankan anda tidak melakukan hal ini secara berlebihan jika tidak ingin pengunjung atau visitor anda menjadi sangat sepi.

Untuk cara penulisan Artikel yang Seo namun tidak berlebihan sendiri sudah saya tulis pada SEO artikel untuk Blog.

  • Blog hanya diisi artikel musiman

Hal yang bersifat musiman atau trending memang banyak dicari dan akan menaikkan jumlah pengungjung dalam waktu singkat.

namun tahukah anda jika musim dari artikel tersebut telah habis atau pencarinya semain menurun setiap harinya, maka hal yan mungkin jika pengunjung blog anda akan mengalami penurunan yang drastis.

Usahakan isi blogmu dengan artikel artikel yang abadi, sebagai salah satu contoh adalah blog ini. Blog membahas seputar Blog dan Website, jadi artikel artikel di blog tidak akan menurun ststistiknya kecuali sudah tidak ada blogger baru. 
yang kedua adalah faktor eksternal. Faktor eksternal ini meliputi kegiatan yang anda lakukan diluar blog untuk menaikkan popularitas blog seperti :

  • Mencari backlink namun tidak memperhatikan kualitas Backlink

Kebanyakan blogger baru, demi mengejar cita cita yang mulia yakni meningkatkan visitor dalam waktu singkat akan mencari cari banyak backlink.

Perlu kalian ketahui bahwa pedoman lebih banyak backlink lebih bagus adalah salah besar.

Jangan hanya perbanyak backlink tampa tahu kualitas dari backlink tersebut. Sebaiknya kalian mencari sedikit backlink berkualitas.

Jangan gunakan backlink builder dan semacamnya. Kebanyakan dari mereka adalah backlink di web web spam.

Jika anda tetap melakukannya, maka siap siap saja dapat penalty dari google dan Blog kamu akan di deindex  atau bahasa mudahnya dibuang oleh google, dan ini menyebabkan penurunan trafik visitor pada blog kita.

  • Melakukan ping pada search engine secara berlebihan

Yang ini juga jangan, apalagi pinger yang kita pakai bukan dari situs yang terpercaya. jika situs itu terpercaya pun jangan gunakan secara berlebihan.

cukup sekali saja kita melakukan ping sitemap pada search engine. Jika terlalu banyak atau terus menerus melakuan kegiatan ini. Blogmu bisa mengalami penurunan pengunjung karna dianggap buruk oleh google.



Yang ketiga adalah faktor lainnya, atau yang tidak termasuk dalam 2 faktor diatas seperti :

  • Blog terkena penalty google

Banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk mendongkrak artikel kita namun seusuai dengan pedoman webmaster, namun tahukah anda bahwa ada beberapa cara yang melanggar pedoman dari webmaster itu sendiri.

Jika anda melakukan salah satu yang melanggar pedoman itu, maka segeralah berhenti sebelum anda terkena penalty dari google.

Ciri ciri terkena penalty ini salah satunya adalah pengunjung atau visitor blog yang tiap harinya semakin menurun karna rank artikel kita menurun, tidak terbaca, atau malah bisa bisa blog kita dihapus oleh google.

Belum ada cara atau peringatan yang pasti bagaimana kriteria yang akan kena penalty google ini, namun tidak ada salahnya jika anda menghindari hal hal yang berbau black hat demi kebaikan anda sendiri.

  • Perubahan algoritma dari mesin pencari

Banyak mesin pencari yang selalu mengupdate algoritma mesin telusurnya, misal google. Google sering sekali merubah bahkan menambah algoritmanya guna menyempurnakan produknya agar lebih nyaman dan efisien.

Pastikan kamu selalu mengecek perubahan yang terjadi pada mesin telusur ini, karna jika anda tidak mengeceknya bisa bisa berakibat penurunan pengunjung blog karena tidak sesuai dengan algoritma google. 

  • dan masih banyak lagi.

Masih banyak sekali faktor-faktor yang menjadi Penyebab Turunnya Trafik Pengunjung / Visitor Blog beberapa diantaranya adalah yang saya sebutkan diatas.

Ini hanya sebagai antisipasi agar tidak terjadi penurunan trafik pengunjung atau visitor blog, namun jika anda sudah mengalaminya, sebaiknya segera lakukan perbaikan dan tidak mengulangi kesalahan yang sama lagi.

18 Responses to "Penyebab Turunnya Trafik Pengunjung Atau Visitor Blog"

  1. Mantap infonya gan..

    ReplyDelete
  2. perubahan algoritma... hmm... btw algoritma terbarunya google algoritma fred ya? trims

    ReplyDelete
  3. Wah sangat bermanfaat gan, dulu blog saya juga sempet kena penalty dari google karena backlink

    ReplyDelete
  4. nice info gan, bagus nih nambah wawasan untuk blogger pemula seperti saya :D

    ReplyDelete
  5. Info bermanfaat buat ane yg masih pemula ini gan .. thanks

    ReplyDelete
  6. infonya bermanfaat sekali gan

    ReplyDelete
  7. mantap jadi nambah inmu lagi gan..

    ReplyDelete
  8. klu ngrubah domain blogspot ke doman .com ngruh gak ya gan

    ReplyDelete
  9. Lanjut terus postingannya bagus

    ReplyDelete
  10. wah ternyata banyak faktor X yang buat Visitor kita nurun, jadi gito toh caranya gan

    ReplyDelete
  11. Wah ternyata banyak sekali penyebabnya, thanks informasinya gan.

    ReplyDelete
  12. Mantap informasinya...post terus ya gan

    ReplyDelete
  13. Anonymous5/14/2017

    Bermanfaat bnget bgi gw newbie

    ReplyDelete
  14. Cocok materinya lagi ane cari.

    ReplyDelete
  15. blog ane mana mas.. blognya mas udah ada di footer saya

    ReplyDelete
  16. Komentar Anda sedang menunggu moderasi.
    Manthap Akhirnya Ngerti
    Kunjungi juga ya ~



    Penyebab Trafik Blog Sepi Pengunjung

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan baik dan sopan