9 Tips Memilih Nama Domain Yang Berkualitas


  • Tips Memilih Nama Domain 



Memilih nama domain yang tepat adalah salah satu hal yang perlu dikala mendambakan membangun sebuah blog (atau website).

Seorang blogger pemula yang baru belajar ngeblog kebanyakan tidak memikirkan secara matang dikala memilih nama domain.

Padahal sebenernya banyak hal-hal yang perlu diperhatikan.

Hal-hal apa sajakah itu ?

Lumayan banyak.

Silakan disimak saja tips pilih nama domain untuk blog di bawah ini.

1. Jangan memanfaatkan domain gratisan

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah sebisa mungkin untuk tidak memanfaatkan domain gratisan.

Domain gratisan kebanyakan sering dicari oleh blogger pemula yang nggak sabar kepengin memanfaatkan domain sendiri tapi belum mempunyai biaya atau pura-pura nggak punya biaya untuk membayar domain berbayar.


  • Domain gratisan seperti contoh : .TK, .GA, .ML, dll.


Jika teman ingin membangun sebuah blog untuk dikelola secara maka maka menggunakan domain gratisan adalah hal yang sangat tidak disarankan.

Alasannya:

Domain gratis nggak seutuhnya gratis, kebanyakan cuma gratis tahun pertama atau ada beberapa syarat tersembunyi. Suatu waktu teman baik dapat kehilangan akses domain teman baik tanpa pemberitahuan.


  • Domain gratis sering digunakan oleh blog-blog spam. Suatu waktu dapat kena banned oleh Google (dulu telah pernah terjadi)
  • Jelek, nggak profesional, nggak keren


2. Lupakan EMD, pilih brandable domain

EMD atau Exact-Match Domain adalah sebuah domain yang memanfaatkan kata kunci yang ditargetkan untuk mendapatkan ranking di mesin pencari.

Misalnya sahabat mau menargetkan kata kunci “Cari Lowongan Kerja” nah sahabat dapat memanfaatkan Exact-Match Domain menjadi“www.cari-lowognan-kerja.com”

Sedangkan brandable domain adalah nama domain yang lebih menekankan branding ketimbang keyword. Contoh gampangnya layaknya google.com, yahoo.com, facebook.com, dll.

Untuk soal EMD vs brandable domain sebenernya masih sering menjadi perbincangan di kalangan blogger. Ada yang berpendapat EMD lebih bagus dikarenakan dapat membantu menaikkan ranking di mesin pencari, ada jug yang berpendapat kecuali brandable domain jauh lebih bagus.

Saya lebih memilih memanfaatkan brandable domain ketimbang memanfaatkan domain yang hanya ada untuk mengejar keyword.

Alasan pertama dikarenakan menurut saya Exact-Match Domain telah tidak begitu berpengaruh besar terhadap ranking di mesin pencari, khususnya Google.

Kedua dikarenakan Exact-Match Domain banyak keterkaitan dengan web-web spam dan termasuk web-web memiliki kualitas rendah.

Nggak heran kalauTahun 2012 tempo hari Google mengupdate Algoritma-nya untuk mengurangi situs Exact-Match Domain memiliki kualitas rendah di hasil pencarian.


  • lalu apakah memanfaatkan Exact-Match Domain tidak baik ?

Nggak sama sekali, sahabat  dapat juga memanfaatkan keyword terhadap nama domain asal bukan Exact-Match Domain.

Contohnya layaknya situs seo berikur : SEOuntukku.com
. Domain selanjutnya punya kandungan kata kunci “SEO“, tapi tetep ada unsur brandingnya "untukku".

3. Jangan menggunakan trademark pada nama domain

Yang satu ini kebanyakan sering diabaikan oleh seorang dikala mendaftarkan nama domain.
Padahal memanfaatkan trademark atau brand dagang punya orang lain terhadap nama domain dapat beresiko blogmu dituntut oleh pemilik trademark.

Misalnya sahabat ingin membuat blog dengan nama domain iyahoo.com, bukan tidak mungkin jika nanti pihak Yahoo dapat menghubungi sahabat untuk untuk menuntut sahabat dikarenakan memanfaatkan trademark mereka tanpa izin.

Jadi cek lebih dulu sebelum sahabat akan mendaftarkan nama domain apakah nama domain yang sahabat pilih punya kandungan trademark atau tidak.

4. Pilih ekstensi .COM, .NET atau ccTLD

Ketika sahabat ingin mencari nama domain usahakan untuk mencari domain dengan ekstensi .COM. Alasannya dikarenakan ekstensi domain ini adalah yang paling tenar di internet.

Kebanyakan orang yang masih awam mengenai internet beranggap semua alamat situs di internet belakangnya memanfaatkan .COM. Jadi agar nggak membuat bingung orang awam, pakailah ekstensi .COM.

Jika teman baik tidak mendapatkan nama domain yang tepat dengan ekstensi .COM, alternatifnya dapat bersama dengan memanfaatkan ekstensi .NET (ekstensi domain paling tenar kedua).

Tapi kecuali .COM dan .NET nggak ada yang pas, alternatif ketiga adalah bersama dengan memanfaatkan ccTLD.

Kebanyakan orang memilih .ORG sebagai alternatif ketiga, tapi saya lebih menganjurkan ccTLD dikarenakan .ORG tidak cukup cocok untuk dipasang di blog.


  • Apa itu ccTLD?


ccTLD adalah singkatan dari Country Code Top-Level Domain, sebuah ekstensi domain yang dikhususkan untuk Negara tertentu.

Contohnya:

.ID = Indonesia

.DE = Jerman

.ES = Spanyol

.IN = India

.JP = Jepang

.DLL = Singkatan dari “Dan Lain-Lain”

5. Buat nama domain seunik mungkin

Buatlah nama domain ashabat menjadi seunik mungkin, jangan meniru-niru nama domain yang telah ada.

Misalnya blog sahabat ingin mengupas mengenai teknologi, maka usahakan untuk tidak memanfaatkan kata “Tekno” terhadap nama domain.

Karena sejauh yang saya lihat telah benar-benar banyak blog-blog teknologi yang memanfaatkan kata “Tekno” terhadap nama domainnya.

Menurut saya domain tersebut benar-benar pasaran.

6. Pastikan gampang diketik, diingat dan diucapkan

Selain unik, nama domain yang sahabat pilih termasuk harus gampang diketik, diingat dan diucapkan. Hal ini perlu untuk memudahkan kita dalam melakukan promosi blog, khususnya promosi offline.

Kalau seandainya ada temen atau tetangga yang nanya alamat blog kita, kami menjadi nggak bingung jelasinnya.


  • Berikut adalah beberapa tips agar nama domain teman baik gampang diketik, diingat, dan diucapkan atau 3D.

    • Hindari pemakaian angka (contoh: ayodolen404342.com)
    • Hindari pemakaian sinyal hubung atau lambang nggak perlu(contoh: ayo-dolen.com)
    • Hindari pemakaian kata yang susah dieja (contoh: ayokzdolenzzt.com)
    • Hindari pemakaian nama domain yang benar-benar panjang (contoh: ayodolenkemanaajayangpentinghappy.com)
    • dll.

7. Jangan pilih nama domain berdasarkan trend

Yang satu ini sebenernya bergantung dari topik blog sobat. Jika topik blog sahabat memang secara tertentu cuma mengupas topik yang sedang ngetrend saja, maka nggak tidak begitu masalah kecuali pilih nama domain yang mengejar trend.

Misalnya tahun 2015 tempo hari lagi ngetrend banget yang namanya batu akik, nah sahabat dapat memanfaatkan nama domain layaknya infobatuakik.com kecuali memang topik blog sahabat memang tmengupas mengenai batu akik.

Tapi jika sahabat ingin membuat blog mengenai batu-batu yang lainnya dan dapat dikelola untuk jangka panjang, maka akan lebih bijak untuk tidak memanfaatkan nama batu akik di nama domain.
Karena belum pasti batu akik dapat senantiasa tenar di tahun-tahun kedepan.

8. Jangan memanfaatkan domain bekas

Domain bekas yang saya maksud di sini adalah nama domain yang di awalnya telah pernah terdaftarkan atas nama orang lain tapi domain terebut telah expired dan dapat didaftarkan lagi.

Sebenernya nggk masalah jika kita memanfaatkan domain yang telah pernah didaftarkan, cuma kadang domain tersebut bisa saja bekas situs spam, pornografi, virus atau konten-konten buruk lainnya.

Selain itu nggak sedikit domain bekas yang telah pernah dibanned oleh mesin pencari Google atau lebih-lebih telah dibanned Google AdSense, yang artinya kecuali sahabat memanfaatkan domain tersebut pada blog ahabat nggak akan terbaca di mesin pencari dan termasuk tidak dapat dimonetisasi Google AdSense.

Jadi dikala sahabat mencari nama domain dan mendapatkan nama domain keren yang belum didaftarkan, langsung untuk di cek dikarenakan kemungkinan besar domain selanjutnya adalah domain bekas.

Dan untuk ngecek domain bekas memadai masuk ke http://whois.domaintools.com/ ketik nama domain yang diinginkan, lalu klik Search.

Kalau di situ terlihat postingan “Deleted And Available Again” artinya domain tersebut adalah domain bekas.

Untuk mengecek apakah domainnya telah pernah dibanned AdSense atau belum tinggal masuk saja ke http://www.isbanned.com/

9. Daftarkan domain di area terpercaya

Tips pilih nama domain yang telah saya jelaskan di atas sangatlah penting, tapi ada satu hal lagi yang nggak kalah penting, yakni pilih area mendaftarkan nama domain yang terpercaya.

Jangan sampai teman baik mendaftarkan nama domain di area abal-abal cuma dikarenakan alasan lebih murah atau dikarenakan ada discount gede-gedean.

Tentunya sahabat tidak ingin kehilangan akses ke domain yang sahabat punya dikarenakan penyedia nama domainnya menghilang tanpa jejak, entah itu dikarenakan bangkrut atau dikarenakan alasan lain.

Rumahweb.com adalah aslah satu penyedia nama domain terpercaya yang saya rekomendasikan.

1 Response to "9 Tips Memilih Nama Domain Yang Berkualitas"

  1. Enlighting post! I really like and appreciate your effort, thank you for sharing such a useful knowledge about domain strategies, hear i prefer some more information to build your career in digital marketing by DoDigital

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan baik dan sopan